Selasa, 03 Mei 2016

Terlatih Patah Hati




Setiap orang pasti punya satu atau dua lagu, yang ngingetin dia tentang kenangannya di masa lalu. Entah itu kenangan indah, atau kenangan yang bisa bikin dia termenung diam, berharap masa lalunya itu cuma mimpi.

“Terimakasih kalian, barisan para mantan. Dan semua yang pergi, tanpa sempat aku miliki.”

Itu adalah sedikit bait dari lagu The Rain feat. Endank Soekamti – Terlatih Patah Hati. Lagu yang paling berkesan di hidup gue sampe sekarang. Lagu, yang bisa bikin gue langsung diam terpaku tiap kali ngedengernya. Lagu ini selalu sukses bikin gue keinget kenangan yang udah bikin gue nggak ada semangat buat jatuh cinta lagi.

Biar gue ceritain elo sama cerita gue setahun lalu, cerita dimana hati gue bener-bener sukses dibikin hancur sampe pecahannya bahkan nggak bisa ditemuin lagi.

Jadi hari itu adalah hari perpisahan sekolah gue. Gue sekolah di salah satu sekolah swasta di Bekasi, dan sekolah gue mau ngakhirin masa indah bareng-bareng dengan pergi ke Yogyakarta. Salah satu tempat indah buat ngakhirin cerita.

Gue bareng temen-temen kumpul di sekolah sekitar jam setengah 4 sore. Kemudian, sesaat sebelum kami naik ke bus masing-masing, gue ngorol dulu sama seseorang. Dia adalah orang yang udah selama hampir 2 tahun gue perjuangin, dan dia juga nanggepin perjuangan gue dengan keseriusan. Gue pikir, kami sama-sama berjuang.

Sebelum akhirnya gue mesti ngebuang semua pikiran bagus gue setelah ngedenger kalimat yang bikin hati gue patah.

“Kalo gue ngobrol trus foto-foto, atau main sama mantan gue, elu jangan marah yah. Kan abis ini nggak ketemu lagi.”

Mungkin kata-kata semacem ini sepele buat orang-orang. Mungkin kata-kata ini juga harusnya nggak "ngefek" buat hubungan KJDA -Kita Jalanin Dulu Aja-, tapi buat gue, ini lebih kayak tiupan sangkakala yang bisa bikin orang yang ngedengernya langsung nggak bernyawa.

Gue bales kata-kata itu cuma dengan senyuman tipis, yang gue harap dia bisa ngartiin senyuman itu sebagai kata “Nggak”. Ternyata? Dia sama sekali nggak ngerti dan nggak peduli.

Kami berangkat dengan bus yang berbeda, dan di sepanjang jalan itu otak gue penuh keresahan tentang sesakit apa hal yang bakal gue rasain nanti, ditemenin lagu yang baru gue kenal, tapi langsung merangkak masuk ke hati gue nyoba buat nyiapin diri. Lagu itu adalah lagu yang jadi soundtrack ingatan gue sampe sekarang, Terlatih Patah Hati.

Singkat cerita gue udah tiba di villa tempat gue istirahat buat 3 hari kedepan di kota gudeg itu. Malam itu gue tidur dengan harapan sampah. Mudah-mudahan hati gue dijaga.

Hari pertama di Jogja. Tujuan hari itu adalah Borobudur, candi yang pernah jadi salah satu keajaiban dunia. Gue adalah fans sejarah. Pergi ke Borobudur tuh udah kayak mimpi buat gue. Hari itu bakal jadi hari yang indah. Pikir gue waktu itu.

Sampe akhirnya… gue ngabisin waktu berjam-jam ditempat itu, tengah hari, misah dari temen-temen, cuma buat nyari seorang cewek dan ngajak dia foto bareng di tempat yang gue damba-dambain dari dulu. Tapi? Nihil.

Gue sama sekali nggak dapet foto apa-apa disitu. Gue nggak dapet foto gue sama temen-temen gue. Bahkan, gue nggak dapet foto tentang diri gue sendiri. Gue turun dari Borobudur, dengan penyesalan.

Waktu perjalanan balik ke bus, gue dibikin patah hati lagi sama cerita temen gue, dimana dia ngeliat cewek yang gue idam-idamin abis jalan berdua di Borobudur, gandeng-gandengan dan ketawa bareng mantannya. Hati gue bener-bener patah. Gue nyari tempat buat sendirian, nangis beberapa menit, kemudian balik ke bus dengan tangan bonyok abis nonjokin tembok.

Gue hancur.

Balik ke villa, gue disemangatin temen-temen. Mereka nggak ngebiarin gue terus-terusan sedih. Gue pun mikir hal yang sama, dan gue ngambil keputusan. Gue nggak bakal peduli sama apapun yang dia lakuin, dan gue bakal bebas sama temen-temen gue.

Hari kedua, kami pergi ke gunung merapi. Tempat bersejarah lainnya, gue bener-bener puas, ngabisin waktu bareng temen, foto-foto, juga sama sekali nggak ngeliat keberadaan si “pembuat kegalauan” itu.

Sampe akhirnya, gue pun turun dari gunung dan balik ke bus. Tapi ditengah jalan, gue ngeliat dia lagi ngobrol-ngobrol asik ketawa-tawa sama mantan dia yang lain. Setelah gue cari tau, ternyata dia abis seneng-seneng naik motor berdua muter-muter di gunung merapi.

Gue langsung dimakan amarah. Niatan gue buat nunggu dan ngasih bunga lenyap. Pas dia dateng dan baru ngajak ngobrol sebentar, gue  langsung ngejauh. Jalan. Jalan. Lari. Ngumpet di belakang bus buat nginjek-nginjek bunga edelweis yang gue beli buat dia itu.

Harusnya gue sadar, bunga itu sampah.

Singkat cerita, gue hancur lagi.

Malam hari kedua, setelah acara inti kelulusan di aula villa, gue diajak temen gue buat minta makanan ke kamar cewek-cewek, disitu gue ketemu lagi sama si dia, tapi gue sama sekali nggak ngajak dia ngomong. Terserah. Sakit.

Kemudian gue bangun di hari ketiga dengan kebingungan. Gue mutusin, di hari ketiga main di Jogja itu gue mesti nyelesain hubungan nggak jelas itu. Capek.

Hari terakhir itu gue dan semua murid pergi ke Pantai Parangtritis, dan disitu… gue harap bisa dapet satu foto aja sebagai kenang-kenangan, dan gue mau ngomong makasih atas semua kesakitannya.

Gue cari dia. Kemana-mana. Tapi? Nggak ketemu. Gue ngebuang waktu bareng temen-temen gue buat nyari dia, tapi gue sama sekali nggak tau dia dimana. Gue telfonin dia berkali-kali. Tapi nggak diangkat. Mungkin waktu itu gue udah nelfonin dia lebih dari 50 kali. Dan nggak ada hasil sama sekali. Gue udah pasrah.

Di malam terakhir gue di Jogja, gue sempet ketemu dia, gue nemenin dia belanja di Malioboro dengan sambil nahan amarah. Kemudian gue nanya kenapa ditefonin kok nggak diangkat. Awalnya dia bilang hapenya di silent, makanya dia nggak sadar. Tapi setelah gue tanya terus, akhirnya dia jujur, kalo dia emang sengaja. Dia emang nggak mau ketemu gue.

Gue udah sama sekali nggak dihargain.

Sepulangnya dari Malioboro, waktu mau masuk bus gue nanya sama dia. Satu pertanyaan terakhir.

“Elo mau berubah terus kita serius lagi waktu elo udah bener, waktu elo udah nggak ngeladenin semua cowok yang dateng atau kita udahan sekarang ?”

Awalnya dia mikir. Panjang. Kemudian waktu gue tanya sekali lagi, dia bilang “Kita udahan aja.”

Itulah kata-kata terakhir dia, yang udah sukses bikin gue mikir, Gue nggak mau disakitin lagi.
Sejak saat itu gue sadar, jatuh cinta bukan cuma berarti “Kita Bisa Bahagia Berdua”. Tapi jatuh cinta juga bisa berarti, “Kita harus siap buat disakitin dia.”
andrii Pujangga Gagal

Gue cuma remaja biasa yang suka nulis keresahan lewat kata dan ngukir indahnya dia dengan cinta.

2 komentar:

  1. sangat menyentuh ya ceritanya

    BalasHapus
  2. Keren bro.. Goodluck ya! Baca versi gue juga ya di jevonlevin.com

    BalasHapus